Sabtu, 16 Juni 2012

Rangkaian Blok Power 5Volt


Tulisan ini adalah salinan dari PI saya(ADITIA DWINAR L) bagian BAB3-Rangkaian catu daya

Rangkaian catu daya berfungsi sebagai penyedia sumber arus listrik untuk sistem perangkat keras, dalam rangkaian catu daya terdapat sebuah transformator non-CT,Dioda,Kapasitor dan dua buah regulator 7805.


                                    Gambar Rangkaian Catu Daya

Transformator adalah komponen elektronika yang  berfungsi mengkonversi arus AC tegangan tinggi menjadi arus AC tegangan rendah, salah satu komponen utama dalam sebuah trafo adalah kumparan kawat terisolasi email dengan diameter tertentu dan inti besi, kumparan dalam sebuah trafo terdiri dari dua bagian yaitu kumparan primer dan kumparan skunder.

            Arus listrik hasil konversi transformer masih dalam bentuk AC (alternate Current) untuk mengubahnya ke dalam arus DC dibutuhkan Dioda Bridge sebagai penyerah gelombang penuh.

            Untuk mendapatkan tegangan +5V DC stabil penulis menggunakan sebuah regulator 7805 untuk menurunkan tegangan DC yang dihasilkan oleh dioda bridge. Regulator 7805 dapat bekerja dengan baik dengan tegangan input antara 7-12Volt.

            Kapasitor yang digunakan di rangkaian catu daya berfungsi untuk mengurangi riak-riak yang terjadi akibat proses penurunan tegangan oleh trafo dan beberapa faktor lainnya seperti tidak stabilnya arus listrik dari jala-jala listrik PLN, dengan listrik yang bersih ( tanpa riak/sedikit riak ) diharapkan sistem secara keseluruhan dapat bekerja dengan baik. 

0 komentar:

Posting Komentar